Klasifikasi dan Ciri Morfologi Tumbuhan Adenium

Klasifikasi Tanaman Adenium

Kingdom        : Plantae
Divisi              : Magnoliophyta
Kelas              : Magnolipilihanda
Ordo               : Gentianales
Famili             : Apocynaceae
Genus            : Adenium
Spesies          : A. Obesum


Morfologi Tumbuhan
DAUN (FOLIUM)
·         Ujung daun (apex folii) nya yaitu terbelah (recutus) yang memperlihatkan suatu lekukan.
·         Pangkal daun (basis folii) tumpul (obtucus)
·         Susunan tulang tulang daun (nervatio) mencapai tepi daun dan jenis daunnya menyirip (penninervis) mempunyai satu ibu tuang yang bejalan dari pangkal ke ujung dan merupakan terusan tangkai daun.
·         Tepi daun (margo folii) pada adenium yaitu bertepi rata (integer)
·         Daging daun (intervenium) seperti perkamen (perkamentus) yang tipis tapi sedikit kaku
·         Warna daun yaitu hijau
·         Permukaan daun berbulu (pilosus) halus dan jarang jarang
·         Daun  adenium ini termasuk ke dalam daun majemuk (folium compositum) yang tergolong lagi kedalam daun majemuk menjari (palmatus)

BATANG (CAULIS)
Berbentuk panjang bulat (teres) seperti silinder. Termasuk kedalam tumbuhan yang jelas berbatang yaitu batang basah (herbaceus), yaitu batang yang lunak dan berair. Batang ini disebut juga dengan istilah sukulen. Ia bisa membesar dan menggantikan peran akar sebagai tempat cadangan air dan makanan.
            Karena termasuk tumbuhan bji belah (Dicotyledoneae) mempunyai batang yang bagian bawahnya lebih besar dan ke ujung semakin mengecil, jadi batangnya dapat dipandang sebagai suatu kerucut atau limas yang amat memanjang, dan dapat mempunyai percabangan.
            Sifat permukaan batangnya yaitu beralur (sulcatus), jika membujur batang terdapat alur alur yang jelas. Pada permukaan nya juga memperlihatkan bekas-bekas daun penumpu.
            Arah tumbuh batangnya memiliki sifat tegak lurus (erectus), yaitu arahnya lurus ke atas. Percabangan pada batangnya merupakan cara percabangan monopodial, yaitu batang pokok selalu tampak jelas karena lebih besar dan lebih panjang.

AKAR (RADIX)
Akar adenium ini tergolong ke dalam akar tunggang berbentuk gangsing (napiformis), Akar adenium membesar dan membentuk semacam umbi tempat penyimpanan air sebagai cadangan di saat kekeringan.
            Pada beberapa adenium, dapat ditemukan akar yang keluar dari tanah atau dapat disebut akar udara (radix aerus)



Komentar