Reaksi Es Kering (dry ice) Dimasukkan ke dalam Air

Apa yang terjadi jika dry ice dimasukkan ke dalam air?

Disini saya akan menjabarkan perubahan apa saja yang terjadi pada dry ice dan air.. langsung saja yaa

Salah satu mekanisme yang mungkin untuk bagaimana awan es kering di dalam air dihasilkan telah dijelaskan.1 Ketika es kering ditempatkan di air, ia menyublim, yang merupakan fase perubahan langsung dari keadaan padat ke keadaan gas:

CO2(s) --> CO2(g)     persamaan 1

Gas COyang dibentuk membentuk gelembung gas COdi sekitar es kering. Gelembung ini tidak memiliki air. Oleh karena itu, air menguap dari curah menjadi gelembung CO2:

H2(l, dalam air curah) <- -> H2(g, dalam gelembung CO2)    Persamaan 2

Namun, gelembung gas ini sangat dingin karena sangat dekat dengan es kering. Hal ini menyebabkan air yang menguap menjadi gelembung untuk mengembun menjadi tetesan air cair kecil:

H2(g, dalam gelembung CO2) -> H2(l tetesan dalam gelembung CO2)     Persamaan 3

Kondensasi air dalam gelembung menghilangkan H2(g) di dalam, menyebabkan Persamaan 2 bergeser ke kanan berdasarkan prinsip Le Chatelier. Melalui proses ini cukup air untuk membentuk awan tebal di dalam gelembung yang terjadi. Proses ini harus terjadi sangat cepat, terbukti dengan melihat video gerak lambat prosesnya: Hal ini diamati bahwa setiap gelembung sudah diisi dengan berawan isi sebagai gelembung terpisah dan bangkit dari es kering. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang percobaan ini dan mekanisme yang diusulkan, pastikan untuk memeriksa referensi yang diberikan di bawah ini.


Referensi :
  1. https://www.chemedx.org/blog/dry-ice-water-cloud
  2. Kuntzleman, Ford, No, and Ott J. Chem. Educ.201592, 643–648.

Semoga bermanfaat yaa :)

Komentar